Home Berita Terkini SMAIT Al Uswah Akhiri MPLS dengan Outbound Edukatif

SMAIT Al Uswah Akhiri MPLS dengan Outbound Edukatif

132
0
SHARE

Ada pemandangan unik di hari terakhir MPLS SMAIT Al Uswah, keunikan tersebut adalah diadakannya Outbound Edukatif oleh panitia MPLS SMAIT Al Uswah. Tepatnya ialah Rabu, (19/07) lalu. Banyak manfaat dan tujuan dengan diadakannya Outbound tersebut. Selain melatih kemandirian sikap dan mental siswa baru dengan Rihlah dan Tadabur Alam ke Wisata Banyu Langsih, rangkaian acara yang dikemas dalam Outbound ini juga sangat diharapkan dapat membantu siswa baru dalam bentuk peningkatan hubungan kerjasama, solid, sinergi, dan kekompakan tim atau kelompok (Team Building). Tidak hanya itu, dengan adanya kegiatan Outbound ini akan dapat membuat suasana menjadi lebih menyenangkan, bisa dikatakan outbound adalah salah satu kiat untuk membuat siswa baru semakin nyaman belajar di sekolah yang juga pondok pesantren ini. Namun, Kegiatan ini tidak dikhususkan untuk siswa baru saja, tetapi siswa kelas XI dan XII secara keseluruhan juga diikutsertakan, agar terjalin persaudaraan yang kuat antar siswa baru dengan kakak kelas.
Sedari pukul 06.30 WIB, seluruh siswa SMAIT Al Uswah sudah berbaris dan bersiap untuk diberangkatkan oleh panitia menuju tempat Outbound. Peserta Outbound diberangkatakan terpisah oleh ketua Panitia menurut kelompoknya masing-masing. Siswa muslim diberangkatkan terlebih dahulu, selang beberapa waktu baru siswa muslimah menyusul diberangkatkan. Sementara Asatidz ada yang bertugas mendampingi OSIS menjaga Pos dan tidak sedikit pula yang ikut merasakan berjalan kaki bersama siswa.
Rute Outbound ini melewati pekarangan rumah warga sekitar sekolah. Hal ini dimaksudkan agar terjalin ukhuwah antara sekolah dan lingkungan. Terbukti terjadi interaksi senyum dan sapa sepanjang perjalanan. Tentunya itu adalah manfaat lain dari adanya pembelajaran di luar sekolah.
Sementara di sepanjang perjalanan menuju Puncak Wisata Banyu Langsih, OSIS SMAIT sudah berjaga di tiga pos. Tiap pos memiliki game dan tantangan yang harus diselesaikan oleh masing-masing kelompok. Berbagai permainan yang diberikan kepada mereka dikerjakan secara bergembira meskipun tentunya tubuh mereka cukup lelah menjalani berbagai menu kegiatan MPLS SMAIT selama dua hari sebelumnya.
Setelah dua hari menjalankan berbagai kegiatan MPLS/SIGN UP baik di lapangan maupun ruangan akhirnya mereka dapat menghilangkan kelelahan dan kejenuhan mereka selama MPLS berlangsung. Aktivitas mereka dalam kegiatan outbound ini ialah bermain berbagai tantangan yang sudah disiapkan OSIS, seperti Balok berjalan, pipa bocor, dan tak kalah seru puncaknya ialah pada permainan botol cerdas. Dimana siswa diminta mencari botol yang di dalamnya terdapat pertanyaan-pertanyaan unik yang sudah disebar di sekitar Sungai Wisata Banyu Langsih, setelah ditemukannya botol-botol tersebut barulah mereka mendiskusikan jawabannya dengan kelompoknya.
Setiap permainan dan tantangan yang sudah disiapkan memiliki motif dan tujuan masing-masing. Permainan-permainan tersebut dapat melatih ketelitian dalam bekerja, mengatur strategi untuk mencapai tujuan, kemampuan komunikasi, dan mampu menempatkan diri sesuai dengan situasi tertentu.
Salah seorang siswa muslimah baru, Nanda, menuturkan bahwa kegiatan ini seru dan merupakan kegiatan yang tidak akan terlupakan baginya, outbound, ustadz, teman-temannya pun seru, banyak pengalaman yang didapatkannya selama mengikuti rangkaian kegiatan SIGN UP di SMAIT Al Uswah.
“MPLS ala Al Uswah seru, pakek banget… tak terlupakan.. gurunya juga seru, temen-temen juga seru… banyak pengalaman yang aku dapat dari SIGN UP, tidak ada buli, tidak ada senior, kita semua bersaudara…” Ungkapnya.
Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan berjalan dengan baik dan meriah, terlihat dari semangat mereka selama menjalaninya. Setelah sholat dhuhur tiba pada saatnya, sekitar pukul 13.00 WIB seluruh kegiatan usai dan dilaksanakan pengumuman peserta SIGN UP terbaik dan kelompok Outbound terbaik dilanjutkan dengan apel penutupan kegiatan dari kepala sekolah. *JFTV/SMAIT*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here