Home Kegiatan Agenda Kegiatan Lima Kiat Menghadapi Ujian Sekolah

Lima Kiat Menghadapi Ujian Sekolah

87
0
SHARE

 

Hari ini hari pertama UTS 1 SMAIT Al uswah Tuban. Dalam upacara pembukaan UTS, Ustadz Soleh, guru SMAIT Al Uswah memberikan taujih sekaligus motivasi kepada seluruh siswa-siswi.

Dalam taujihnya, Ustadz Soleh menyampaikan beberapa hal, setidaknya ada lima hal yang harus dilakukan oleh seorang siswa agar sukses menghadapi ujian.

Yang pertama, Giat belajar. Jika di hari-hari biasa, belajar menjadi hal yang kurang penting, belajar juga asal-asalan, maka kebisaan ini harus di rubah. Ketika ada ujian atau tidak, belajar harus menjadi kewajiban. Apalagi ketika ujian, harus lebih giat dan fokus.

Kedua, menjaga kesehatan. Sudah belajar maksimal tetapi tubuh tidak fit, hal tersebut akan mengurangi konsentrasi dalam mengerjakan ujian. Bahkan bukan hanya tidak bisa konsentrasi tetapi juga tidak bisa ikut ujian. So, makanlah yang teratur, istirahatlah yang cukup, olahragalah yang rutin, dan gunakan waktu-waktu luang untuk hal yang bermanfaat.

Ketiga, memiliki target nilai yang maksimal. Nilai akademik untuk jenjang SMA sangat penting. Karena dengan nilai yang baik dapat menjadi jembatan masuk perguruan tinggi. Misalnya saja untuk bisa ikut SNMPTN dibutuhkan nilai raport yang baik. Sejak kelas 10 hingga kelas 12 semester 1. Sehingga belajar dan nilai yang baik tidak hanya ketika di kelas 12 tetapi sejak di kelas 10. Dan ingat, perguruan tinggi tidak mengenal zonasi.

Keempat, jujur. Nilai itu penting, tetapi ada yang lebih penting yaitu nilai dirimu (your attitude, your value). Kejujuran adalah mata uang yang berharga dimanapun kita berada. So, jangan korbankan nilai dirimu, jangan ciderai kejujuranmu, demi mendapatkan nilai akademik yang bagus dengan mencontek, bawa contekan, dan lain sebagainya.

Kelima, berdoalah dan mintalah doa. Setelah berusaha, ikhtiar dengan maksimal, senjata berikutnya adalah berdoa. Sebagai seorang muslim harus memiliki keyakinan akan kekuatan doa. Bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak. Termasuk untuk kesuksesan dalam menghadapi ujian. So, berdoalah yang sungguh-sungguh dan mintalah doa dari orang tuamu dan juga guru-gurumu. Semoga berhasil !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here