Home Kegiatan Agenda Kegiatan Tiga Bulan Hafal 15 Juz, Hafal 30 Juz sebelum kelas 12

Tiga Bulan Hafal 15 Juz, Hafal 30 Juz sebelum kelas 12

682
0
SHARE

 

Kegigihannya dalam menghafal qur’an menjadikan pelajar asal Sidoarjo ini mampu menyelesaikan hafalan 15 Juz. Capaian tersebut dituntaskan dalam tiga bulan melalui program STQ di SMAIT Al Uswah Tuban. Semangat yang tinggi dari pelajar yang punya cita-cita menjadi Hafidzah Mutqin ini pula yang membuatnya berhasil menyelesaikan 30 Juz sebelum kelas 12.

Ya, penghafal quran berikut ini bernama Hanifah. Nama lengkapnya Nurul Hanifah. Lahir dan dibesarkan dalam lingkungan yang terdidik. Dari pasangan yang dua-duanya berprofesi sebagai pendidik dan trainer. Yaitu Muhammad Yusuf yang berprofesi sebagai Trainer Pendidikan dan Anik Yuliani seorang guru Fisika di SMPN Waru Sidoarjo. Sebab itulah Hanifah mewarisi semangat untuk belajar dan menghafal qur’an.

Pelajar yang saat ini berada di kelas 12 IPA ini membagikan tips agar cepat dalam menghafal qur’an. Pertama, senantiasa murojaah hafalan. Baik hafalan yang baru atau hafalan yang lama. Kedua, usahakan dalam satu hari, membagi waktu. Untuk Tilawah, mencari hafalan/ziyadah, dan me-murojaah. Ketiga, menghafal dalam kondisi pikiran fresh. Jika belum bisa fresh, bisa membaca ayat-ayat al Qur’an berikut dengan artinya. Ayat per ayat. Sampai merasa nyaman. Keempat, mencari tempat yang kondusif. Kelima, Ingat niat dan tujuan dari menghafal. Luruskan niat menghafal karena Allah.

Ingat, “Sebab Lillah Tak Akan Lelah”, jika lelahnya kita dalam Al Qur’an, susahnya kita dalam menghafal, semua akan bernilai pahala. Sebab kecintaan kamu kepada ayat-ayat-Nya. Demikian pesan tambahan dari Hanifah, pelajar yang punya hobi membaca, berenang dan memanah ini. (MB/2019)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here