Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler 

Ekstrakurikuler merupakan salah satu kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran dan dilakukan di sekolah atau di luar sekolah dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Ekstrakurikuler SMAIT Al Uswah Tuban dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan pihak sekolah. Peserta didik yang telah tercatat sebagai anggota kegiatan ekstrakurikuler, diwajibkan mengikuti kegiatan tersebut sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Ekstrakurikuler di SMAIT Al Uswah Tuban terdiri dari Ekstrakurikuler Wajib dan Pilihan.

Ekstrakurikuler Wajib di SMAIT Al Uswah Tuban adalah Pramuka. Kegiatan Pramuka SIT merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh peserta didik pada kelas 10 dan 11 sebagai sarana latihan peserta didik agar memiliki keterampilan hidup, berjiwa disiplin, mandiri, dan mampu survive dalam menghadapi kehidupan.

Sedangkan ekstrakurikuler Pilihan : Bela Diri (Kempo/Tapak Suci), Lensa SMAIT (videografi dan fotografi), Panahan, Desain Grafis, Futsal, Menulis, Fashion, Design and Cooking (FDC)

Beladiri

Beladiri adalah program ekstrakurikuler pilihan yang dapat diikuti peserta didik kelas X & XI yang bertujuan agar memiliki kepercayaan diri, kekuatan fisik dan mental, kemampuan melindungi diri dan sebagai sarana tarbiyyah jasadiyyah peserta didik sebagai sarana untuk pengabdian kepada Allah SWT.

Jurnalistik

Jurnalistik adalah kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat pilihan. Jurnalistik berperan sebagai sarana bagi peserta didik untuk menyalurkan bakat/hobi di bidang penulisan dan sebagai sarana pengembangan kompetensi jurnalistik bagi peserta didik yang mempunyai cita–cita menjadi seorang jurnalis.

Futsal

Adalah kegiatan ekstra yang bersifat pilihan sebagai sarana mengembangkan kemampuan peserta didik di bidang olahraga khusuanya Futsal.

FDC (Fashion Design & Cooking)

FDC adalah ekstrakurikuler yang bersifat pilihan. FDC berperan sebagai sarana bagi peserta didik untuk mengasah kemampuan dalam bidang tata busana dan tata Fashion Design & Cooking.

Panahan

Adalah kegiatan ekstra yang bersifat pilihan sebagai sarana mengembangkan kemampuan peserta didik di bidang olahraga khususnya panahan.

Seni Religi

Ekstra ini merupakan kelompok-kelompok peserta didik yang memiliki peminatan di bidang kesenian Islami seperti kelompok minat bidang Rebana, Nasyid, Qori’, dsb.

Lensa SMAIT

Ekstra ini merupakan ektra pilihan sebagai sarana pengembangan peserta didik dibidang fotografi dan  videografi.

Desain Grafis

Ekstra ini merupakan ektra pilihan sebagai sarana pengembangan peserta didik dibidang Desain grafis.